Saturday, March 3, 2012

Malang, 3 bon les jours.


c'est super!

Starting from this super plan for visiting Malang with 9 person, we finally there just in 2 person. Pourquoi pas
? We stick to the plan, and voila. there we are, ladies in hoodies in a train to Malang. :P
I am so blessed that everything there nearly gratuit. *free.
I travelled with my friend Gerynd, and along with her mother, tante Yari. They had this bond with a family that lives in Malang, who were actually came from Kalimantan. Gerynd’s father is a doctor who was back then stay and practice in Kotawaringin, Central Kalimantan. Gerynd’s father was so closed with the families there(since there are also live in small community), so whenever they travel across islands or cities,they are how to say? obligate to stay wherever they stay, to keep this “silahturahmi”. :). well for me, c’est magnifique. No fee for breakfast and car and accomodation. (^o^)

Jogja-Malang naik Malabar, kereta jam 23.30 tapi dateng baru jam 1. hahaha. bengong lama sama gerynd di stasiun Tugu. Naik malabar kereta eksekutif 200.000, naik bisnis 120.000, ekonominya 40rb atau 60rb kalau ga salah. since gerynd is a air-cond person, so we take executive one. :P. ada lagi satu kereta namanya Gejayana, tapi kurang tau juga itu jamberapanya. Tpi yang jelas, dibanding Gejayana, masih lebih murah Malabar. cukup cozy and definitely cold during night. sampai di Malang jam 08,30 pagi. kita dijemput sodaranya gerynd. langsung jemput mamanya gerynd di bandara. During the journey, si abang rizky cerita banyak ttg kerjaan dia, dan dia adalah salah satu penerima beasiswa Brawijaya entrepreneurship. jadi dia lulus tanpa skripsi. umur 21 udah jadi pembicara dimana2. c’est super !
sampe2 kita makan soto banjar, *di malang makan soto banjar ya? ahhahaa. but it’s nice. soto full of santan, ketupat yang lembek, most likely kayak bubur padet. hahahaa
sampe kita ke rumah bukit cemara tujuh EE/7 *FYI, ini tempat ngekosnya anak2 Malang*. dan kita langsung ke Selekta abis itu.

Day 1.....

Universitas Brawijaya

main sbtr ke FK Brawijaya. agak malu jg sih sbnrnya pake baju UGM di UB.hahhaa, bukti otentik aja nih kesini muter2 kampusnya


Susu Ganesha


weel ini katanya salah satu tempat susu yang terenak di Malang. susunya ada rasa coklat, strawberrym melon, sama plain. ada juga youghurt dan youghurt jelly. dan rasanya berasa di Kalimilk. :P
(Kalimilk jogja di kaliurang. love it!)

Waroeng Bamboe


*entah tulisannya bener apa ga. hahhaa. tempatnya sunda banget, if I may say. jadi tempatnya juga di atas bambu2, dengan tengah2 kolam penuh dgn ikan segede2 paha. hahaa. tempatnya enak dan cozy, dan suasananya family banget. :3. p.s : katanya banyak artis cari makan kesini kalau ke malang


Selecta, Kebun Apel, BNS


SELECTA : suasana puncak adalah hal yang paling pertama ada di pikiranku. dinginnya, wuiiii..mengingatkan pada sejuknya angin Ciwidey. :P. selecta ini juga daerah batu (masih di atasnya kota Malang). disini terdapat hamparan kebun bunga *tempat foto yang purr fect, kolam renang yang lumayan luas, sampai adanya lobang Belanda tempat dulu Belanda menjajah. bener banget, selecta ini udah didirikan jaman Belanda dulu. tempat main2 anak2 juga ada disini, spt putar2an, perosotan, ungkat jangki, bebek dayung, dsb.
Pulang dari Selecta mampir dulu ke Pasar deket situ, dan sempet tergoda juga sama org pasarnya yang nawarin keripik apel pesenan temen2, lgsg beli lah tanpa pikir panjang waktu dikasih tau harganya 20rb isi 10. *yang sadly saat dibuka ternyata isinya miris banget ga ada 1/3 bungkus, hahahaa. *my tips, bener2 liat bungkus keripiknya, dan kalo ga mau riskan mending beli satuan dibanding banyakan gitu.
Lanjut dari situ kita mau mampir kebun apel. well, technically we passing border. hahhaa. ada satu pager kebuka tempat kebun apel,kita masuk aja buat sekedar foto sama iconnya kota batu itu. *dan setelah itu lgsg ngabur takut diteriakkin sama farmernya. hehehe
Next kita ke BNS. (Batu Night Spectacular). masuk sini ada kontribusi parkir sama masuk perorangnya, kalau ga salah sekitar 15rb perorang. Masuk2 disambut beberapa wahana sama udah keliatan lampion2 yang siap mengindahkan malam itu. Mataku lgsg tertuju sama satu “Sepeda Terbang”. dari namanya aja udah aneh. :P.. jd dia merupakan suatu mobil yang bisa dikayuh sama sepeda, dan relnya adalah rel hampir sama sama rel rollercoaster dengan tinggi, ada kali ya 50 meteran ke bawah?hahahaa. ada rumah hantu juga disana, skating tanpa es, pontang panting, gokart, rumah kaca, dsb. yang gratis cuma rumah kacanya, sedangkan yg lainnya harus nambah lagi uangnya. hahahaa. *sepeda terbang=10.000, boat 10.ooo, ice skating 10.000 lagi, gokart 35.000/2 lap, kalau 5 lap beli 2 tiket.
Malemnya jelas kuliner lagii..kita makan baso bakar pondok bambu kalau ga salah. bilangnya sih, ini tempat nongkrong yang muda2. hehhee. basonya enak, tempatnya mahasiswa banget. dan dideket tebing daerah malang.

Day 2....


JATIM PARK, maryam, dan Malang ketika Malam


And the next journey will be to Jatim Park 2. Hubungin Maryam yang kebetulan ada di Malang, ngajakin ke Jatim Park2. well, since she never go to the secret zoo herself, then it’s a perfect timing to explore. Harga tiket masuknya berkisar 60.000 kalau ke secret zoo sendiri, tapi kalau tiket langsungan, secret zoo dan museum, bayarnya 75.000. Kita dateng sebelum jam 10, jadi jatim Parknya belum buka. *buka pukul 10. Dan awalnya yang paling early buka itu museumnya, jadi masuklah kita ke museumnya. Awalnya kita bakal disambut with a huge cage, dimana disitu ada burung2 dan ada taman bunganya. *see photos livepage.apple.com. Setelah cage yang besar itu, ada rangka dinasaurus yang kyk di film jurasic park 1, yang dikelilingin saa diorama2 indah dari binatang2 lokal dan mancanegara yang dikeraskan. tempatnya cozy, dingin, terawat, mgkn faktor baru juga, but well, it’s nice. dioramanya lengkap, dari hewan darat, air, udara. berdasarkan tempat juga, berdasarkan species, dll. Tips : best to come on weekend kalau mau liat pertunujukkan di dlm museum, berupa nyanyian dan pertunjukkan 3D. best to come on weekdays, karena ga rame, jadi fotopun puas. :P.




Secret ZOO


so much to do here..well, banyak banget tempat buat liat2. mereka udah buat sistem sedemikian, jd kita pasti melewati semua binatangnya. perjalanannya takes about 2.45 hours.jadi harus siap2 pegel.hehehe. gerynd, tante yari dan ismi pilih nyewa kendaraan disana, 100rb/3 jam, tp gw sama maryam tetep jalan kaki kyk biasa. hehhee. lengkaappp..cuman karna kemarin sempet ke taman safari, jd malangnya terasa ga gede2 banget. tp secret zoonya lengkap banget! dan disetting sdh indah. :”). jalannya dibuat nyaman, udara kota batu yang dingin, berasa zoo luar negeri deh. :P. diujung tripnya ada wahana2 yang kyk gw masukin sama ismi dan maryam, ada kyk halilintar di dufan, ada rollercoaster juga, ada riding the pony, ada rumah hantu yang super cool*berasa settingan luar dan ga abal, dan ada petting zoo juga, jd kita bisa megang satwa2nya, kyk di taan safari, tp ini mini. :). next kita makan di rumah pohon di hotel tree inn. c’est magnifique !jadi tempatnya itu beneran kyk pohon, hotel2nya juga kyk batang pohon. hahaha. di restonya yang sangat cozy, diatasnya bagaikan dirambati daun2, dindingnya bagaikan ditopang batang pohon besar, dan disebelah dalemnya ada kaca gede tempat kita bisa ditemani makan sama hewan2. makanannya ga segila tempat2 wisata lain. 20.000 udah dapet makan sayur lauk yang mengenyangkan. well, air putih lebih baik bekelan aja deh, harganya lumayan soalnya. :P.
Sorenya, i said goodbye to maryam, dan malemnya, kita jemput bang rizky, lanjut ke tempat makan. ada satu tempat eskrim yang berdiri udah lama banget dr jaman Belanda, OEN eskrim, yang letaknya di Malang kotanya, di jalan Ijen, yang konon katanya ini adalah ikon kota Malang. :). eskrimnya enak, tapi memang agak mahal utk bayar satu scoop eskrim dengan latar belakang jadulnya itu. Makan malam kita lanjut ngeseafood di seafood galunggung.*yang juga konon katanya terkenal banget di Malang.

Coban Rondo Waterfall


Pulang dari secret zoo kita ke air terjun coban rondo. Well dari namanya, rondo artinya janda. jadilah alkisah di air terjun itu terdapat sepasang kekasih, Dewi Anjarwati dan Raden Baron kusuma dari gunung anjasmoro. Di hari pernikahannya yang ke 36, mereka pergi ke gunung Anjasmoro. Kepergian mereka awalnya dilarang kedua orangtuanya karna masih itungan hari, namun mereka tetap pergi. Disana mereka bertemu dengan Joko Lelono, seorang lelaki yang terpikat oleh Dewi Anjarwati. Terjadilah pertempuran antara Raden Baron dan Joko Lelono. Sang suami menyuruh istrinya untuk bersembunyi di suatu Coban (air terjun). Pertempuran tersebut menggugurkan kedua lelaki tersebut, dan tinggallah Dewi Anjarwati menjadi seorang janda. Di air terjunnya terdapat batu yang kononn katanya batu tersebut adalah dimana sang dewi menunggu dan menangis. Sebuah mitos bahwa pasangan yang datang kesini akan putus. hahhaa. dan Ismi yang cerita juga putus karena kesini sama pacarnya dulu. ada ada aja. :D.


OEN's ice cream and Dinner at Galunggung seafood


Malamnya kita mampir ke tempat eskrim OEN yang dikenal karena jadulnya. rasanya berbeda dengan eskrim biasanya, less milk if I may say, but it’s worth to try. interriornya tetep dilestarikan dengan kebelanda2annya. :). Perjalanan makan malem kita melewati jalan Ijen, tempatnya rumah2 belanda yang dari jaman dulu tetep dijaga agar ga ada modifikasi bangunan*desainnya. dan sampailah kita ke seafood galunggung, tempat seafood yang katanya cukup terkenal disana. well, memang enak.. :D.
Besoknya dengan berat hati harus meninggalkan kota Malang dan Batu yang indah nian. thanks to bang rizky, ismi, tante yari, gerynd dan maryam yang sudah nemenin jalan2.


C'est magnifique !





No comments:

Post a Comment