Tuesday, July 7, 2015

Komodo Island, Manggarai Barat, Flores, NTT

Finally, bisa menginjakkan di bumi indah NTT. :)


Perjalanan dari kupang ke komodo.





How to get there?
Perjalanan bisa ditempuh via udara selama kurang lebih 1 jam, dari bandara eltari kupang ke bandara labuan bajo, harga berkisar 600-1 juta tergantung musim dan oenerbangannya. 
Bisa juga via kapal ferry atau pelni. Bisa dicek di web asdp. Utk perjalanan dari kupang, ferry ke aimere brgkt 2 minggu sekali setiap hari kamis, dan minggu. Dari aimere, naik travel ke labuan bajo selama 6 jam, dengan harga berkisar 100rb perorang. Setelah sampai di labuan bajo, kapal ke pulau komodo dgn motor kapal hanya brgkt hari minggu, rabu dan jumat. Sistemnya, dari pulau komodo hari minggu, pulang balik kesana hari seninnya. Tp utk trip2 liburan, banyak banget penawaran di sekitar labuan bajo dgn paket2 wisatanya. 

Paket wisata 
Harganya beragam, tanya2 dulu aja dan sesuaikan budget kalian. Mostly yg mahal itu krn alat2 diving dan guide diving masternya, dan jg kapal yg bawa kalian ke masing2 pulaunya. Sehari muter solarnya bisa sampe 700rban sendiri *best to travel in packs ya guys, biar patungannya enak.

Paket wisata bisa wisata komodo sendiri, ke loh liang (di pulau komodo sendiri), dan pulau rinca . Biasanya paket ini dibarengin sama tur ke pantai merah (pink beach) yg pasirnya literally reddish krn karangnya yg merah, dan my favourite one, ke pulau padar utk bisa liat ke3 teluk dari 1 view spot.
Paket lainnya berhubungan dgn live on board, dimana kalian akan stay sekitar 3 hari 2 malam, bisa snorkeling, dan yg paling digemari divingnya.  diving spot di komodo terkenal krn keindahan bawah lautnya, dan manta pointnya kereen *bahkan ga perlu diving utk lihat mantanya krn dari atas kapal pun bisa lihat. Subhanallah sekali deh. :) 
Memang keindahan bawah lautnya menakjubkan, tp karna kmrn ga sempet dive, mnrtku alam dan keindahan kepulauannya bener2 magical. Komodo sangat luas dan lautnya dikelilingi banyak pulau. Pulau terbesarnya adalah pulau komodo sendiri, pulau rinca dan pulau padar. 

Notes, 
sebetulnya di pulau padar ada pos retribusi utk kedatangan disini, sayangnya pos itu tdk berada di pulau ini, jd kalau kalian dtg dgn agency atau travel, mereka pasti udh urusi  ini ko. Dan ga sembarang org tau exact location yg pas buat liat scenery '3 danau'nya, jd pastikan kalian bersama guide yg betul. -->well, in my case, I have my own local Komodo people who showed us around and knows the island well enough. 




Utk pantai merah, sbnrnya menurut Bapaknya Farid *teman asli komodo, pantai di sepanjang komodo dan padar hampir semuanya berpasir merah. Hanya yg paling terkenal si pantai merah krn dia punya bukit utk liat view bawahnya, seperti dibawah:


 Bukit Pantai merah

Another virgin beach that also has this exotic sand, adalah pantai namo. Crystal clear pool like water!


Dan ga lengkap ke pulau komodo kalau ga liat komodonya. Ada 2 tempat utk liat mereka krn memang penangkarannya di Loh Liang dan di pulau Rinca.
Retribusi masuknya 5000 tiap org, dgn bayar ranger 80000 utk 4-5 org. *harga lokal.harga turis lbh mahal lg dari itu.
*tips: make sure kesini bukan hari libur, hari besar atau hari minggu krn harga masuknya jadi 2 kali lipat.

 Menurut rangers nya *guide khusus komodo, komodo yg besar tdptnya di Loh Liang, dan di rinca biasanya lbh kecil. Rinca datarannya lbh landai, dan jarang pohon, jd utk lihat komodo nya mgkn lbh sering krn mereka akan jauh terekspos. Nah di loh liang, banyak pohon, undakan, bukit, dsb tempat mereka bisa sembunyi. Utk para traveller yg kesana bulan juni sampe agustus, itu adalah musim2 kawin para komodo, jd yg sbnrnya bisa lihat mereka lbh banyak mgkn jd liat yg besar cm 1-2. Krn kebanyakan komodo adalah jantan, jd mereka lg mencari betina. 
Alhamdulillah kmrn kita liat 1 betina yg mnrtku cukup besar, menurut rangerny itu cukup kecil. Subhanallah makhluk itu hanya dpt ditemukan di 2 pulau, dan hanya di Indonesia.




Facts:
Mnrt rangernya, populasinya skrg mencapai 2000an ekor yg tersebar di rinca dan di loh liang. 
Cara tau umurnya jg cukup unik, dan mereka sendiri sudah ditandai sblmnya oleh para peneliti.
Utk taman nasionalnya, sejak 1991 pulau komodo sudah ditetapkan menjadi taman nasional dan diresmikan oleh pak Jusuf Kalla sebagai duta Komodo. Luasnya berkisar 335 km persegi utk loh liang dan taman nasionalnya sendiri sebesar 1800an km persegi totalnya
Notes:
Para ranger disana mostly adalah volunteer dan blm jd ranger tetap. Bila mau jd ranger tetap perlu 3 bulan magang disana. Nah utk itu, siapkan tip mereka sekitar 50rb keatas ya, dan lebihkan bila kalian puas, :) 


Funfacts
Komodo bisa hidup sampai umur 50an tahun
Komodo seorang diri bisa makan 1 ekor rusa, dan tidak makan lg selama sebulan penuh
Komodo indera penciumannya terletak di lidah, dan di bagian lidahnya terdapat 60 lebih jenis bakteri yg dpt mematikan. Mnrt rangernya, bakteri ini lbh banyak didapat dari bangkai2 yg mereka makan.
Cara membedakan komodo selain lihat dari alat kelaminnya, bisa jg dari lehernya yg bila lbh panjang itu betina, yg pendek jantan. Kebalikan dari leher, ekor jantan lbh panjang dari betina.


 salam cinta dari kampung komodo

 special thanks buat Farid dan ke 10 saudara, bapak pemahat patung komodo dan ibunda tercinta. :)

1 comment:

  1. Nice banget patung komodonya, hehehe mbak gambar komodonya izin saya tempel di blog saya ya, saya kasih caption sumbernya kesini kok. Terimakasih

    ReplyDelete